YIS Talent Show & Bazaar, Merayakan Suka Cita Setelah Melewati Masa Ujian Sekolah

Posting Komentar
YIS talent show and bazaar


S

elasa, 12 Juni 2024 rupanya menjadi hari yang istimewa bagi keluarga besar  Yogyakarta Independent School.  Sejak pagi, semuanya terlihat sibuk, terlebih di  area pendopo dan juga perpustakaan. 

Di dalam pendopo,  sebuah panggung berukuran sedang telah siap, dilengkapi puluhan kursi untuk penonton yang tertata rapi. Tak jauh dari sana, terlihat para siswa, guru, staf pengajar dan juga para orang tua/wali siswa  tengah mempersiapkan diri. 

Ya, dua perhelatan akan digelar dalam satu hari yang sama, YIS Talent Show & Bazaar. Kegiatan Talent Show atau pentas seni dipusatkan di area pendopo sekolah, sementara kegiatan bazaar akan menempati area perpustakaan sekolah. 

“Ini kegiatan rutin. Tiap tahun kami mengadakan Talent Show & Bazaar ini sebagai rasa syukur. Anak-anak kan sudah selesai ujiannya, jadi sekarang waktunya mereka bersenang-senang. Mereka akan tampil sesuai dengan minat dan bakatnya, dan setelah pentas selesai, mereka akan menggelar bazaar yang juga mereka kreasikan sendiri” papar Pak Yeremias Nardi Cahyanto, selaku Marketing & Admission Officer Yogyakarta Independent School.

Tak perlu menunggu lama, kursi-kursi di depan panggung pun penuh terisi.  Tepat pukul 08.30 WIB, Mrs Anna  naik ke atas panggung untuk membawakan acara sekaligus menandai bahwa acara YIS & Talent Show dimulai.  

Satu persatu, para siswa tampil untuk unjuk gigi. Beberapa anak yang memang menyukai seni peran, mencoba melakonkan drama pendek. Begitupun yang menyukai seni musik baik itu vokal maupun memainkan alatnya. Sempat kami seakan tersihir beberapa menit oleh gerakan lincah bak penari K-Pop yang disajikan beberapa siswa yang memiliki passion dalam bidang gerak dan tarian modern. 

YIS talent show 2024
Persembahan drama pendek oleh beberapa siswa yang memang menyukai drama/seni peran

Yis talent show
Permainan biola yang merdu. Acara pentas yang bisa menggali bakat siswa sekaligus memberi ruang pada mereka untuk unjuk kebolehan di muka umum.

Yis talent show and bazaar 2024
K-Pop nya YIS😊

Begitulah, hampir semua pentas  berakhir dengan gemuruh tepuk tangan dan sorak-sorai penonton.  Cuaca Yogyakarta yang cerah, semakin hangat dengan suasana di pendopo yang terasa meriah.  Saya rasa, semua yang hadir bisa larut dalam kegembiraan. Bisa dikatakan semua talenta  siswa bahkan guru pengajar   mendapatkan tempatnya hari itu. 

Lepas dari pendopo, kemeriahan berikutnya bergeser ke arena perpustakaan. Tanpa komando lanjutan, para orang tua dan para siswa lantas “menyerbu” puluhan stand yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Bazaar bertujuan agar para siswa  bisa mengasah kreatifitas. Mereka diberi kebebasan untuk mendesain booth/lapak untuk berjualan, menentukan barang dagangan, sampai menentukan harga. Untuk siswa program DP dan  MYP atau setara SMA dan SMP, hal ini tentu mudah. Mereka bahkan bisa sekaligus menguji jiwa bisnis mereka melalui kegiatan ini.

Persiapan YIS talent show and bazaar
Bazaar, belajar wirausaha, mempererat pertemanan sekaligus praktek ilmu ekonomi

Berbeda dengan siswa di level PYP atau setara SD. Bisa dikatakan,  butuh campur tangan orang dewasa alias orang tua di sini.  Dengan komoditi barang dagangan yang beragam, para anak-anak yang rata-rata didampingi ibu mereka berusaha menjadi pedagang atau staf toko yang baik. Lagi-lagi, sinergi apik antara orang tua  dan anak terlihat dalam acara ini.

Kerjasama orang tua dan anak
Booth merupakan hasil kreativitas orang tua dan anak

Bazaar di Yogyakarta Independent School
Laris manis semuanya😊

YIS bazaar 2024

Antusiasme anak-anak dan para orang tua terlihat sangat tinggi untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Disamping sebagai wadah bagi bakat serta minat siswa, memupuk rasa percaya diri, pastinya kegiatan seperti Talent Show and Bazaar ini juga untuk mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan bagi anggota keluarga besar Yogyakarta Independent School. 


Yogyakarta Independent School

Lingkungan YIS
Gedung sekolah YIS di kawasan Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman

Didirikan pada tahun 1989, dulunya sekolah ini kita kenal dengan Yogyakarta International School. Sebuah instruksi menteri  di tahun 2014  yang melarang penggunaan kata ‘International’ sebagai nama institusi Pendidikan, kemudian mengubah YIS sebagai Yogyakarta Independent School. 

Berada di wilayah Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman, saat ini YIS dikenal sebagai lembaga pendidikan yang memiliki lingkungan belajar yang luas dan asri, dengan kurikulum internasional dan lingkungan belajar multikultural

Sekolah dengan Kurikulum International Baccaulaureate Pertama di Yogyakarta

Dalam kegiatan belajar mengajarnya, YIS merupakan sekolah internasional  di Yogyakarta yang menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB); kurikulum Pendidikan internasional yang sudah diakui di lebih dari 140 negara, dan digunakan sebagai kurikulum utama  di lebih dari 3000 sekolah. 

Kurikulum ini popular di berbagai sekolah internasional karena memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

  • Pendekatannya berbasis Inkuiri, yaitu pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Kurikulum IB mendorong siswa untuk mengembangkan ketrampilan analitis dan kemampuan memecahkan masalah secara kreatif
  • Kurikulum IB dirasa mampu mempersiapkan siswa untuk beradaptasi dalam lingkungan global dan beragam.
  • Anak-anak yang belajar dengan kurikulum IB tidak hanya berfokus pada ujian akhir, tetapi juga mencakup tugas-tugas proyek, presentasi, dan penilaian internal yang berkelanjutan. 
  • Kurikulum IB diakui secara global oleh banyak universitas terkemuka di dunia. Banyaknya negara yang menerapkan kurikulum IB memberikan konsistensi dan kualitas pendidikan bagi siswa yang sering berpindah negara. Dengan kata lain, ijazah dari sekolah yang menerapkan kurikulum IB memiliki banyak kemudahan untuk melanjutkan jenjang berikutnya di banyak kampus di luar negeri.

Sesuai dengan kurikulum yang diterapkan, sampai saat ini YIS memiliki 3 jenjang pendidikan meliputi:

IB Primary Years Programme (PYP)

Merupakan jenjang paling dasar dan diperuntukkan untuk anak-anak dengan usia 3-12 tahun. Program ini menekankan model belajar yang holistik dan berpusat dengan anak, dengan tujuan untuk mengembangkan siswa menjadi anak yang aktif, peduli lingkungan serta berpengetahuan luas. Secara keseluruhan PYP bertujuan untuk memupuk cinta belajar yang berkelanjutan, ketrampilan berpikir kritis, dan kesadaran global dalam diri siswa sejak usia dini.

IB Middle Years Programme (MYP)

Jenjang ini diperuntukkan untuk siswa berusia 11-16 tahun dan merupakan kelanjutan dari jenjang PYP. Karena itulah, sebelum masuk ke program MYP, siswa diwajibkan untuk mengikuti assessment dalam bentuk ujian dan portofolio. 

Jenjang MYP dirancang untuk menyediakan fondasi yang kuat untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta mempersiapkan siswa untuk menjadi pemikir kritis dan kontributor aktif dalam masyarakat global.

IB Diploma Programme (DP)

IB-Diploma Proggrame merupakan jenjang persiapan menuju perguruan tinggi, atau anak-anak dengan usia 16-19 tahun. Diploma programme bertujuan untuk memberikan pendidikan yang seimbang dan menantang secara akademis, mempersiapkan siswa untuk masuk dunia kuliah dan kehidupan di luar sekolah. Secara keseluruhan, IB-DP dirancang untuk mempersiapkan siswa untuk sukses di perguruan tinggi dan siap menghadapi tantangan global.

Yogyakarta Independent School

Jl Tegal Mlati 1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati

Sleman 55284, D.I Yogyakarta

📞62 274 5305147 

🌐https://www.yis-edu.org  📩 info@yis-edu.org


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

Posting Komentar