Mimpi Balik ke Jaman Sekolah

Posting Komentar

 

Mimpi balik ke jaman sekolah

S

aya merasa berada dalam sebuah pasar. Tapi di situ saya bersama teman-teman jaman sekolah. Ceritanya, saya serasa balik ke jaman ABG.  Nah, pagi itu akan diadakan upacara bendera, tapi sepatu saya tiba-tiba nggak ada. Sudah dicari-cari nggak ketemu.. Paniklah. Ntar kalau dimarahi gimana? Akhirnya saya memilih nggak keluar, nggak ikut upacara bendera…

Kemudian saya terbangun. Syukurlah, cuma mimpi. Makanya aneh. Sekolah kok settingnya di pasar.Tapi senengnya, nggak perlu khawatir lagi akan kena marah karena semua hanya terjadi di alam mimpi. Toh udah nggak sekolah juga, nggak ada lagi upacara, apalagi kewajiban make sepatu.

Yang fase masa sekolahnya udah jauh lewat, tapi ternyata masih sering datang ke alam bawah sadar..yuk ngumpul. Kita ngerumpi lewat tulisan..ha..ha.

Kata orang, mimpi itu bunga tidur. Tapi ada yang bilang juga, mimpi itu gambaran alam bawah sadar kita. Saya rasa, dua-duanya benar. Nyatanya, seringkali ada korelasi antara kejadian di dunia nyata yang barusan kita alami, eh..pas tidur kebawa dalam alam mimpi. Diantara sekian banyak topik mimpi yang seringkali random, ternyata mimpi balik ke jaman sekolah ini banyak yang masih sering ngalami. Kok tau? Pernah nanya ke teman-teman seumuran di WAG soalnya. 

Mimpi Secara Ilmiah

Secara keilmuan, mimpi terjadi saat kita tidur dan berada dalam fase Rapid Eye Movement atau REM.  Fase REM adalah fase tidur yang ditandai dengan gerakan mata yang cepat, peningkatan aktivitas otak, dan mimpi yang paling jelas dan hidup. Saat berada dalam fase ini, aktivitas otak seperti saat terjaga, yang memungkinkan terjadinya mimpi.

Ada beberapa teori yang berkaitan dengan mimpi saat kita tidur, diantaranya:

  • Mimpi merupakan pengolahan emosi dan ingatan. Secara mudah ini dapat diartikan bahwa otak mengolah informasi dan pengalaman selama hari itu, dan bisa jadi mimpi merupakan cara bagi otak untuk menyimpan dan meyusun kenangan.
  • Sigmund Freud berpendapat bahwa mimpi merupakan manifestasi dari keinginan dan dorongan yang tidak disadari. Mimpi bisa menjadi cara bagi pikiran bawah sadar untuk mengekspresikan keinginan. Oh, jadi menurut ini mimpi menjadi semacam keinginan yang tidak diungkapkan sepertinya. 
  • Teori lain menyatakan bahwa mimpi berfungsi sebagai simulasi untuk menghadapi situasi/kondisi serupa di kehidupan nyata. 

Kalau Mimpi Balik ke Masa Sekolah?

Saya itu kalau mimpi balik jaman sekolah, biasanya ulangan.. seringnya matematika, dan saya kebingungan karena nggak bisa ngerjain. Kalau nggak gitu, ada tugas yang harus saya kumpulkan, eh..saya kelupaan mbawa. Pernah juga mimpi balik ke jaman kuliah, dimana dimimpi itu saya jadi mahasiswi yang sering lupa/ketinggalan jam kuliah. Jadi sebenarnya ada jadwal, tapi saya nggak tahu atau lupa.

Heran juga, padahal pas jaman kuliah…saya termasuk rajin. Hampir tidak pernah absen malah. Kenapa ya? Soal mimpi kelupaan bawa sesuatu, itu kadang malah menguntungkan. Karena begitu bangun, kita malah jadi langsung ingat kalau ada sesuatu yang harus disiapkan/dibawa untuk besok misalnya. Pernah ngalami hal yang sama? 

Kalau merunut beberapa teori tentang mimpi itu tadi, dan kemudian kita sandingkan dengan fenomena mimpi balik jaman sekolah…mungkin saja itu terjadi kita punya memori yang kuat tentang jaman masih sekolah. Jaman masih punya kewajiban ikut upacara, harus ngumpulin PR, dsb..

Saat menjadi manusia dewasa seperti sekarang, sebenarnya tetap saja ada kewajiban-kewajiban yag melekat, cuma bentuknya saja yang berbeda. Itulah yang mungkin terbawa di alam bawah sadar. 

Jadi kalau di alam nyata  kita  punya pekerjaan/tanggung jawab yang belum terselesaikan, terus tidur, ee…kok ya pas tidur kita mimpi ada ulangan, dan kita bingung mengerjakan karena belum belajar, sepertinya memang nyambung. Karena sebelum tidur, pikiran kita nge save nya kita punya sesuatu yang belum “selesai”. 

Btw, kalau teman-teman, kalau mimpi balik lagi ke jaman sekolah, biasanya mimpi apaan?


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

Posting Komentar