Memasak Nasi dengan Magic Com Low Sugar

Posting Komentar

Ceritanya berawal dari magic com lama yang sepertinya mulai tidak beres. Overheat, jadi nasi yang dimasak menjadi cepat kering. Tanda-tanda sudah minta pensiun rupanya. Di rumah fungsi magic com ini cukup penting,  bisa jadi “tukang masak” yang bisa disambi nyayur, goreng lauk, atau bahkan mandi, jadi mau nggak mau harus cari pengganti.

Atas berbagai pertimbangan, mengingat asas manfaat, mempertimbangkan faktor umur, sebagai gantinya, belilah magic com baru. Berbeda dari magic com sebelumnya, yang baru ini punya teknologi untuk menurunkan kadar gula darah dalam nasi. Untuk merk, pilihan jatuh di Miyako. Dari segi harga, Magic com dengan kapasitas yang bisa jadi sama, merk ini saya rasa paling ekonomis.


Magic com rendah gula


Kenapa Memilih Magic Com Low Sugar?

Di usia ini, rupanya saya sudah di level sadar kalau menjaga Kesehatan itu sesuatu yang penting. Jadi ya udah lah, modal magic com agak mahalan sedikit gak apa-apa, asal produk yang dihasilkan lebih baik untuk tubuh.

Selain itu, nasi merupakan bahan makanan pokok yang susah lepas dari orang Indonesia. Banyak yang masih menganut prinsip, belum makan kalau belum diisi nasi. Dan sayangnya keluarga kami termasuk golongan ini.

Sementara magic com, adalah piranti paling praktis saat ingin mengubah buliran beras menjadi nasi yang empuk dan pulan. Beras tinggal dicuci, masukkan dalam magic com, pastikan aliran listrik menyala dengan baik, tunggu sampai matang, beres. Proses memasak nasi menjadi sangat mudah, tak perlu khawatir gosong, dan bisa di multitasking dengan pekerjaan lainnya. Ya itu tadi, bisa sambil masak sayur, goreng lauk, atau bahkan melakukan pekerjaan yang lain. 

Terlebih belakangan ini, beranda media sosial ramai dengan influencer, dokter dan berbagai pihak yang mengkampanyekan gaya hidup lebih sehat, dengan meminimalisir gula. Pesan bahwa dibalik besarnya peran nasi bagi perut rakyat Indonesia, ada ancaman bidang kesehatan yang kadang tidak kita disadari. Nasi yang sudah dimasak, apalagi dikonsumsi saat panas, memiliki Indeks Glikemik yang tingga. Dan diabetes menjadi ancaman paling besar yang diakibatkan oleh rutinitas kita mengkonsumsi   nasi melebihi jumlah kebutuhan tubuh. 

Memasak Nasi dengan Miyako Magic Com Rendah Gula. 

Apakah memasak nasi dengan magic com rendah gula sama dengan menggunakan magic com biasa? Ternyata nggak sodara-sodara. Justru memasak nasi dengan menggunakan magic com low sugar ini mengingatkan saya dengan teknik memasak nasi jaman dulu, dengan cara dikukus menggunakan alat bambu yang bentuk kerucut.  

Saat membeli Miyako magic com low sugar, selain panci biasanya,  saya mendapatkan panci tambahan berbahan dasar stainless stell. Bentuknya mirip bakul plastic yang bolong-bolong itu. Jadi nanti, panci stainless inilah yang kita gunakan sebagai tempat untuk menaruh beras yang sudah dicuci bersih.

Step by stepnya adalah, takar (menggunakan cup yang disediakan) dan cuci beras sampai bersih, kemudian masukkan kedalam panci stainless. Setelah itu, masukkan panci stainless ke dalam panci anti lengket. Beri air sesuai takaran. Di body magic com, ada takaran seberapa air yang dibutuhkan untuk memasak sejumlah beras, jadi nggak perlu khawatir. Awal-awal memang masih selalu menakar secara manual, tapi nanti lama-lama akan hapal. Rumus termudah saat menanak beras dengan magic com low sugar adalah pastikan semua beras terendam air. 

Setelah semua siap, yang membedakan antara memasak nasi tipe low sugar dengan memasak nasi biasa adalah tidak perlu menurunkan tombol ke bawah (ke posisi cook), tapi cukup memutar kenop searah jarum jam, menyesuaikan takaran beras. Ada timer di sana, jadi mirip-mirip cara kerja oven listrik.

Magic com low sugar


Nanti setelah posisi tombol kembali ke awal, artinya nasi sudah matang. Bisa diaduk, tutup sebentar biar matang sempurna. Diangkat, dan siap dinikmati. Karena formatnya low sugar, jadi lebih sehatnya nasi sekali masak sekali makan tanpa harus dihangatkan lagi. Kalau mau dihangatkan? Bisa juga, tinggal membersihkan panci anti lengketnya, memindahkan nasi ke dalam panci anti lengket, dan menstel magic com ke posisi warm.

Sisa air memasak nasi dengan mode low sugar. Setelah nasi yang di panci aluminium matang, air ini bisa segera dibuang.


Lebih praktis mana,  memasak dengan magic com biasa atau yang low sugar? Lebih praktis yang biasa ternyata. Memasak nasi dengan settingan low sugar juga membutuhkan waktu yang lebih lama. Pengalaman saya,  bisa selisih 30 menitan untuk takaran beras yang sama. Bisa jadi karena kita masak di 2 lapisan panci ya, jadi proses masaknya lebih lama.

Untuk rasa nasi, tidak banyak berubah kok. Tetep bisa pulen dan lebih empuk kalau menurut saya. Jadi ini balik lagi ke selera. Kalau dari praktisnya, lebih sat-set yang magic com biasa, tapi {semoga) nasi nya lebih sehat nasi yang dimasak dengan magic com rendah gula. 

Melansir dari webnya Miyako, sejatinya ada beberapa poin plus yang dimiliki magic com low sugar seperti yang saya miliki ini:

  1. Mampu menurunkan kadar kalori sampai dengan 40% dengan pembuktian uji dan sertifikat dari Qualis
  2. Mempunyai fungsi 5 in 1 untuk memasak nasi low sugar, nasi merah, nasi normal, dan menghangatkan sekaligus mengukus
  3. Panci Rice Cooker dari lapisan Nanoal yang anti lengketnya 10x lebih tahan lama
  4. Panci Rice Cooker telah teruji bebas dari zat kimia asam PFOA berbahaya
  5. Dilengkapi panci steamer Stainless 304 yang anti karat untuk memasak nasi low sugar
  6. Garansi elemen pemanas selama 5 tahun
  7. Desain elegan dengan perpaduan warna Hitam dan Maroon
  8. Fitur Thermostat System yang dapat menjaga nasi tetap hangat, tidak kering, dan tidak mudah basi

Sebagai pengguna baru, harapannya sih semoga saya tidak salah pilih. Magic com bisa benar-benar mengurangi kadar gula pada nasi, menjaga tubuh tetep sehat, dan awet. 

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

Posting Komentar