Butuh Upgrade Motormu? Yuk Kepo-in dulu Varian dan Fitur-Fitur Canggih Yamaha Filano!

Posting Komentar

 

"Motor di Indonesia makin banyak pilihan, coy. Mana bagus semua lagi! " 


A

pa yang saya tulis di atas, bukan isapan jempol kan? Secara kuantitas, jalanan semakin ramai dengan kendaraan roda dua. Secara tampilan pun, motor-motor itu makin beragam dari sisi merk dan semakin kaya fitur dengan teknologi yang semakin canggih. 

Sebagai salah satu alat transportasi modern, motor memang masih jadi pilihan banyak orang. Bepergian dengan kendaraan roda dua, kadang  justru lebih asyik dan seru. Yang pasti, karena ada sisi kepraktisan di sana. 

Secara hitungan ekonomi, harga sepeda motor lebih murah dibanding mobil. Demikian juga nominal pajak yang harus dibayarkan. Ongkos perawatan motor juga dinilai lebih terjangkau. 

Motor tidak memerlukan space yang besar dalam penyimpanan. Tak perlu garasi yang lebar, semua rumah bisa menampung 1 unit motor atau lebih. Motor juga dianggap sebagai kendaraan yang paling gesit saat harus memecah kemacetan, ataupun menerjang banjir. 

Data pun bicara,  kalau dari segi persentase pengguna motor terbanyak dunia, tahun 2024 ini Indonesia berada di urutan ke tiga terbesar  setelah Thailand dan Vietnam. Hasil survai menunjukkan 85% rumah tangga memiliki kendaraan bermotor/kendaraan roda dua.

Tentunya ini merupakan peluang bagi industri otomotif, terlebih kendaraan roda dua untuk menarik hati konsumen. Mereka pun lantas mengeluarkan motor seri terbaru, dengan berbagai fitur andalan untuk bisa memperluas pangsa pasar.  Salah satunya Yamaha Indonesia Motor Manufacturing  dengan skuter maticnya, Filano.

Filano Skuter Matic Yamaha

Yamaha Grand Filano


Dirilis di Indonesia pada tanggal 17 Januari 2023 lali, kehadiran Yamaha Filano mendapat respon yang bagus dari masyarakat, terlebih para pecinta skuter matic berbody retro; badan-badan motor klasik jaman dulu. Di pasar Indonesia, motor ini hadir dalam dua varian, yaitu Yamaha Filano Neo dan Yamaha Filano Lux. Ada beberapa fitur yang membedakan keduanya:

Yamaha Filano Neo

  • Dari segi warna, varian Neo memiliki pilihan warna yang colorful dengan finishing glossy. Warna-warna yang dihadirkan mulai dari beige, dull blue, merah, dan juga hitam dengan warna jok hitam.
  • Emblem berwarna hitam solid
  • Garnish atau lis pada cover headlamp berwarna hitam
  • Tameng atau dasi berwarna hitam (kecuali untuk warna Dull Blue, warna senada dengan warna dasar) dengan finishing glossy

Yamaha Filano Lux

  • Varian Lux hadir dengan pilihan warna yang lebih terbatas dan premium yaitu  white pearl dan juga blue matte dengan jok berwarna cokelat.
  • Emblem berwarna bronze
  • Garnish berwarna abu-abu. Selain pada bagian depan, warna serupa juga digunakan pada lis bagian lampu belakang  dan panel meter. 
  • Tameng berwarna abu-abu dengan finishing doff


Fitur Unggulan Yamaha Filano

Baik Yamaha Filano Neo maupun Lux, dibekali mesin Blue Core 125cc dengan teknologi hybrid, Stop & Start system, serta Electric Power Assistant Start. Kedua motor juga dilengkapi dengan instrument cluster yang cukup unik serta digital dan TFT sub display yang menyajikan beragam informasi. 

Teknologi Hybrid

Dengan aplikasi Y-Connect di ponsel dan cukup dihubungkan dengan Bluetooth, maka riwayat kita berkendara akan terekam secara baik di aplikasi. Fitur ini memungkinkan kita lebih mudah mencari tahu kondisi motor dengan lengkap. Selain itu, pemilik motor juga bisa mengetahui konsumsi bahan bakar harian maupun bulanan, maintenance oli dan aki dan kapan harus diganti. 

Stop & Start System

Motor Yamaha Filano memiliki dua mode Stop & Start System yang secara otomatis aktif membaca situasi berkendara. Saat mode normal diaktifkan, mesin motor akan mati secara otomatis setelah 1,5 detik berhenti. Mode ini aktif saat pengendara berjalan normal. Mode yang kedua, mesin akan mati apabila motor berhenti selama 5 detik. Mode ini bisa diaktifkan saat berada dalam kemacetan. Cukup dengan membuka gas, mesin akan hidup dan siap dijalankan kembali. Selain mengurangi polusi udara, fitur ini berguna untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

Smart Front Re fuel

Pernah merasa repot harus buka-tutup jok dan menurunkan barang bawaan saat hendak mengisi bahan bakar? Dengan motor Yamaha Filano, pengalaman serupa tak akan pernah kejadian. Dengan Smart Front Re fuel, pengendara tidak perlu turun dari kendaraan saat hendak mengisi bahan bakar karena tangki bensin diletakkan di body bagian depan dengan kapasitas 4,4 L. 

Smart Key Sistem

Era menghidupkan motor dengan kunci fisik, ternyata sudah lewat bagi pengguna Filano. Dengan Smart Key Sistem, fitur ini memungkinkan pengguna Filano untuk cukup menyalakan motor dengan menekan tombol ignition, dan kemudian menyimpan remote ke dalam saku. 

Di Indonesia, Harga OTR motor Yamaha Filano bisa jadi berbeda antar wilayah. Demikian pula untuk harga 2nd nya, pasti berdasarkan kondisi masing-masing motor. Tertarik untuk upgrade motor ke  Yamaha Filano?


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar